Ini Dia Perkembangan janin Minggu Ke-17 (4 Bulan) Yang Harus Anda Ketahui

Saat usia hamil 4 bulan ibu hamil pada umumnya sudah merasakan pergerakan dari janin, bentuk wajah sang janin juga sudah mulai terlihat jelas. Saat pada usia kehamilan 3 bulan, biasanya pakaian yang masih cukup untuk di gunakan. Maka saat memasuki bulan ke 4 kehamilan, kemungkinan ibu hamil perlu menggunakan baju khusus hamil. Menurut pakar kehamilan, para ibu yang sedang hamil diharuskan untuk mengonsumsi asam folat secara rutin dan teratur. Mengapa harus asam folat? Pasalnya, asam folat ini dapat mendukung perkembangan janin selama kehamilan. Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan asam folat seperti brokoli, ikan salmon, ikan tuna, kentang, telur ayam, kacang-kacangan, susu khusus ibu hamil, sayuran hijau, buah kurma, dan sebagainya. Selain itu, ada juga beberap jenis olahraga yang direkomendasikan bagi para ibu hamil yang diantaranya adalah senam kehamilan, senam pernafasan, aerobic, jogging, jalan santai, yoga, berenang, dan olahrga ringan lainnya. Terlepas dari hal itu, berikut dibawah ini ada perkembangan janin minggu ke-17 (4 Bulan) sebagai:
 

1. Perkembangan Janin Minggu Ke-17 (4 Bulan)
  • Tubuh sang janin semakin memiliki bentuk yang membesar mengikuti kepala hingga wujudnya lebih proporsional.
  • Wajahnya Mulai semakin tampak dengan pertumbuhan bulu mata dan alis.
  • Meskipun kelopak matanya tetutup,namun bola matanya mulai dapat bergerak dan mulutnya mulai untuk dapat terbuka dan tertutup.
  • Jari-jari mulailah terbentuk serta sidik jari telah tercipta sehingga tanganya mulai mampu mengepal.
  • Selain itu juga sang janin mulai dapat merespon bunyi dari luar.
  • Tubuhnya belum banyak menyimpan lemak sehingga terlihat keriput.
  • Pembuluh darah nampak di permukaan kulit.
2. Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil
Pada usia kehamilan 4 bulan sang ibu dapat merasakan pergerakan janin di dalam kandungannya,perut ibu hamil juga terus mengembang dan menjadikan organ tubuh seperti usus yang bergeser posisi dan tubuh butuh menyesesuaikan dengan postur.
Demikian ulasan singkat tentang perkembangan janin minggu ke-17 (4 Bulan), yang semoga dapat bermanfaat bagi anda terutama bagi para ibu hamil. Selain itu, saat kehamilan usia 4 minggu juga ada hal yang harus diperhatikan, yakni saat akan tidur sebaiknya sang ibu meilih posisi tidur menyamping yang meruapakan posos tidur yang terbaik. Akhir kata cukup sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar