5 Manfaat Pemberian Susu Soya untuk Bayi 0-6 Bulan


Susu soya mulai menjadi perbincangan hangat di kalangan orang tua untuk menggantikan susu formula biasa. Bagi mereka yang belum tahu, susu soya merupakan susu yang berasal dari kedelai. Hal tersebutlah yang  membuat susu ini lebih dijamin kandungan alami dan kebersihannya. Bahk an susu jenis ini memiliki 5 manfaat bagi bayi usia 0-6 bulan seperti ini.

susu soya

1. Baik untuk Bayi yang Alergi Susu Sapi

Manfaat pertama yang bisa dirasakan terutama bagi bayi yang sering mengalami alergi ketika minum susu formula biasa. Biasa alergi ini bisa berbentuk gatal hingga ruam di kulit. Penyebab dari alergi ini tidak lepas dari kandungan susu sapi yang terdapat pada susu formula. Ternyata susu sapi atau susu formula biasa bagi sebagian bayi kurang cocok untuk mereka.

Biasanya alergi ini adalah alergi turun temurun yang didapatkan dari orang tuanya. Apabila orang tuanya memiliki alergi terhadap susu sapi maka hal yang sama juga bisa diturunkan pada anaknya. Kondisi ini pastinya membuat banyak orang tua yang kebingungan karena susu tetaplah harus diberikan pada anak untuk memenuhi nutrisinya.

Tenang saja, masalah ini bisa diatasi dengan pemberian susu soya untuk bayi. Meski begitu, ada baiknya bahwa alergi yang dialami oleh bayi Anda memang karena susu sapi. Kalau sudah dipastikan, barulah Anda bisa menggantinya dengan susu yang terbuat dari kedelai ini. Walau tentu dengan resep yang juga harus diberikan oleh dokter.

2. Membantu Bayi yang Mengalami Gangguan Metabolisme

Salah satu gangguan yang paling sering terjadi pada bayi adalah gangguan metabolisme pada tubuh. Terutama gangguan metabolisme galaktosemia. Gangguan ini membuat penderitanya tidak bisa memiliki kemampuan dalam mencerna galaktosa dari karbohidrat. Untungnya, masalah tersebut bisa diatasi dengan memilih susu yang terbuat kedelai ini. 

3. Baik untuk Mengatasi Diare

Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh bayi adalah diare dan muntah. Kondisi ini tidak bisa lepas dari daya tahan tubuh bayi yang belum kuat dan masih rentan terhadap serangan bakteri maupun virus. Tidak bisa dipungkiri bahwa penyakit diare ini pastinya membuat banyak orang tua kebingungan karena tidak tahu cara untuk mengobatinya. 

Tidak perlu terlalu risau lagi karena Anda bisa memberikan susu jenis ini sebagai solusi terbaiknya. Kenapa bisa begitu? Anda pasti bertanya, soalnya susu tipe ini memiliki kandungan serat yang baik dan tidak dimiliki oleh susu formula biasa. Kandungan serat tersebutlah yang mampu mengurasi durasi diare bahkan mampu menyembuhkannya.

4. Baik untuk Mengatasi Defisiensi Laktase Sekunder

Kondisi setiap bayi tentunya berbeda dengan kondisi bayi lainnya. Salah satu kondisi bayi yang patut mendapatkan perhatian lebih dari orang tua adalah mereka yang mengalami defisiensi laktase sekunder. Kondisi ini membuat bayi dipastikan tidak mampu memproduksi ensim laktase seperti yang seharusnya kebanyakan bayi normal bisa lakukan. 

Hal tersebutlah yang akan menjadi berbahaya apabila bayi yang terkena kondisi tersebut rajin mengonsumsi susu formula biasa. Soalnya mengonsumsi susu formula biasa bagi yang terkena kondisi akan meningkatkan risiko mereka terkena diare. Untuk itulah, pemberian susu dengan kandungan lemak nabati seperti kedelai bisa dijadikan solusi untuk masalah seperti ini.

5. Cocok untuk Orang Tua yang Vegetarian

Gaya hidup sehat sepertinya telah menjadi pilihan banyak orang untuk sekarang. Tidak terkecuali oleh para orang tua yang sudah memiliki bayi dan memilih menjadi vegetarian. Seperti yang diketahui, vegetarian memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sayangnya, hal ini juga sering menjadi dilema bagi orang tua yang ingin memberikan susu pada bayinya.

Soalnya susu sapi tentu tidak cocok bagi prinsip vegetarian yang mereka jalani. Untunglah, pemberian susu kedelai bisa dijadikan solusinya. Apalagi kandungan susu kedelai juga tidak kalah susu formula kebanyakan. 

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, susu soya 0-6 bulan adalah pilihan yang tepat bagi orang tua. Terutama bagi orang tua yang seringkali bayinya mengalami masalah ketika memberikan susu formula yang biasa. Hindari hal ini dengan tidak terlalu memaksakan mereka untuk terus-terusan mengonsumsi jenis susu yang jelas-jelas tidak cocok.

Tidak ada komentar